Mengenali Kegemukan Akibat Kurang Serat dan Cara Mengatasinya

Posted By Ita Puspitasari on Tuesday, September 26, 2017 | 10:34 PM

Mengenali kegemukan akibat kurangserat dan cara mengatasinya >> Kegemukan adalah kondisi medis yang ditandai dengan adanya penumpukan lemak di bagian tubuh. Ini disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat dan kekurangan makanan berserat.

Kegemukan akibat kurang serat
Obesitas atau kegemukan sangat erat kaitannya dengan timbulnya hipertensi. Gejala kegemukan banyak dialami oleh penduduk di Negara maju. Hal ini berkaitan dengan semakin meningkatnya laju kepadatan energy dari makanan sehari-hari. Kekurangan serat dapat menyebabkan meningkatkan kebutuhan energi secara nyata. Kekurangan serat yang kita konsumsi dapat memberikan perasaan selalu lapar, sehingga keinginan untuk mengasup makanan lain akan semakin meningkat. Kekurangan serat pangan sebanyak 40 gram perhari saja dapat menyebabkan tubuh kekurangan asupan energi sebesar 100-200kkal/hari.

Kegemukan akibat kurang serat ini dapat diatasi dengan cara berolah raga secara rutin setiap hari dan menambah asupan serat. Serat makanan banyak ditemukan dalam berbagai jenis makanan kita sehari-hari, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Kegemukan akibat kurang seratDari golongan buah, Mengatasi kegemukan akibat kurang serat dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi alpukat. Alpukat adalah Jenis buah yang memiliki kandungan serat tertinggi yaitu akan memberikan 10g serat setiap 1 buah sedang. Selanjutnya adalah buah berry yang menawarkan sekitar 8 g serat per cangkirnya. Sementara buah yang tinggi serat lainnya yang akan memberikan serat bagi anda sekitar lebih kurang 5 gr per buah adalah apel, pear, pepaya, pisang dan jeruk. Sementara anggur kering atau raisin hanya mampu memberikan serat sekitar 1 g per ons.

Sayuran tertinggi mengandung serat adalah brokoli, yang menawarkan sekitar 5,1g serat per-cangkir rebus. Sayuran lain yang menawarkan serat sedikit dibawah brokoli adalah lobak, kubis, dan jagung manis. Sementara itu 1 kentang kecil panggang dengan kulit memberikan 1,3g serat, dan 1 wortel mentah memberikan 1,7g serat.

Kacang banyak mengandung banyak serat. Menurut ahli gizi, kacang hitam dan kacang merah adalah jenis kacang yang merupakan sumber terbaik serat. Anda akan mendapatkan sekitar 15 g serat untuk setiap porsi 1 cangkir. Kacang-kacangan lain, seperti kacang mete, kacang almond juga tinggi serat. Sementara itu per cangkir Kacang hijau akan memberikan sekitar  8.8g serat, dan kacang kedelai bisa memberikan serat hingga 11g percangkirnya.



Demikian artikel tentang mengenali kegemukan akibat kurang serat dan cara mengatasinya, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita. 
Blog, Updated at: 10:34 PM

0 comments:

Post a Comment