Kenali Gemuk Air Lebih Dalam, Seri Kesehatan Muslimah

Posted By Ita Puspitasari on Tuesday, September 26, 2017 | 2:52 PM


Kenali Gemuk air lebih dalam, punca dari gemuk air-Apakah anda merasa seperti membawa kandungan air yang banyak dalam tubuh anda? Apakah anda sering mengalami berat badan yang naik turun seperti yoyo, kadang terlihat langsung kadang pula terlihat membengkak, seakan-akan berat badan anda telah bertambah melebihi seharusnya?

Jika anda mengalami masalah diatasm mungkin hal itu disebabkan oleh terkumpulnya cairan atau air di dalam badan anda atau yang lebih dikenali sebagai gemuk air. 


Kenali Gemuk air lebih dalam. 




Gemuk Air

Air adalah massa terbesar dalam tubuh kita. Sekitar 50-65% tubuh kita terdiri dari H2O atau biasa disebut dengan air. Naik turunnya kadar air dalam tubuh kita sebenarnya tergantung dari pola makan kita sehari-hari. Misalnya begini, apabila kita terlalu banyak makan bahan makanan yang mengandung garam yang notabene adalah zat penyerap air, maka sel-sel dalam tubuh kita pun akan jenuh garam sehingga akan berlaku seperti spons, menyerap air. Hal itu diperparah dengan pola makan tinggi gula, yang akan memicu kadar insulin dalam darah meningkat dan tubuh enggan melepaskan zat garam yang mengakibatkan garam berakumulasi mengikat air yang kita konsumsi setiap hari. 


Karbohidrat yang kita konsumsi berlebihanpun akan menjadikan tubuh kita menyimpannya sebagai cadangan energi baru sekaligus sebagai tempat menyimpan air. Inilah alasannya kenapa kita merasa sangat begah atau menjadi merasa bertambah bobot tubuh kita setelah makan banyak makanan yg mengandung karbohidrat tinggi. 


Coba anda perhatikan, ketika kita menjalani diet di 7 hari pertama, berat badan kita akan cenderung turun dengan drastis. Padahal penurunan berat badan itu bukan karena timbunan lemak yang terbakar dan menghilang, tetapi tubuh kita hanya menyesuaikan dan membuang air yang berlebihan dari dalam tubuh kita yang selama ini ditahan oleh otot. 


Ketika kita menjalani diet tanpa makanan mengandung gula dan minya dengan ketat, kadar kalori yang menurun secara drastis akan mengakibatkan terbakarnya cadangan energi atau yang biasa disebut dengan glikogen. Berhubung glikogen berikat dengan air di dalam tubuh kita, maka membakar glikogen sama juga dengan mengeluarkan timbunan air.



Diet membuang Air dipercaya akan menghilangkan gemuk air secara lambat namun stabil



Salah satu bagian dari proses penurunan berat badan secara normal adalah kehilangan berat air dalam tubuh kita. Ada bermacam cara yang dapat dilakukan untuk menjaga berat air dalam tubuh kita tetap terkendali sehingga kita tidak menjadi gemuk air. Diantaranya adalah dengan menghindari asupan garam dan gula secara berlebihan. Dengan mengurangi asupan garam dan gula secara berlebihan, maka tubuh tidak akan menjadi tempat berkumpulnya garam yang mengikat air. 
Setelah kita mengurangi konsumsi garam dan gula, secara perlahan tubuh akan menyesuaikan komposisi garam dan gula di dalam massa otot dan sel. Setelah komposisi garam dan gula stabil, maka minum air secukupnya tidak akan mengakibatkan anda gemuk air, karena kelebihan air akan terlepas secara alami melalui urin dan keringat. Air yang berlebihan tidak akan diikat oleh sel dan otot, sehingga anda akan tetap sehat dan singset. 



Demikian ulasan singkat mengenai Mengenali Gemuk Air, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Salam.
Blog, Updated at: 2:52 PM

0 comments:

Post a Comment