7 Khasiat Utama Makan Bawang Putih Mentah, Dari Menurunkan Resiko Kanker Sampai Mengatasi Kerontokan Rambut

 Makan Bawang Putih Mentah
bawang putih mentah

7 Khasiat Utama Makan Bawang Putih Mentah, Dari Menurunkan Resiko Kanker Sampai Mengatasi Kerontokan Rambut-Selain banyak digunakan sebagai bumbu masak, ternyata bawang putih juga ampuh sebagai penangkal berbagai jenis penyakit. Tetapi, cara mengkonsumsi bawang putih untuk kesehatan mungkin tidak familiar bagi anda semua. Anda disarankan memakan bawang putih mentah-mentah tanpa diolah atau dimasak lebih dulu.

Sesudah membaca banyaknya manfaat bawang putih berikut ini, mungkin anda tidak akan ragu-ragu untuk secepatnya mengkonsumsi bawang putih mentah. Cek aja.

7 Khasiat Utama Makan Bawang Putih Mentah, Dari Menurunkan Resiko Kanker Sampai Mengatasi Kerontokan Rambut


Bawang putih kehilangan berbagai nutrisi dan kandungan yang penting didalamnya selama proses memasak dan mengolahnya. Maka dari itu, memakan bawang putih secara mentah seperti memakan buah-buahan dapat menjamin semua nutrisi yang penting dan terkandung didalamnya tidak akan hilan. 
Apabila anda secara rutin mengkonsumsi bawang putih mentah, anda akan mendapatkan bermacam-macam manfaat, diantaranya sebagai berikut :

1. Menurunkan risiko kanker
 Makan Bawang Putih Mentah
Senyawa sulfur bioaktif banyak terdapat di bawang putih mentah. Berdasarkan riset National Cancer Institute Amerika Serikat, senyawa sulfur bioaktif dalam bawang putih mentah dapat mencegah terbentuknya sel kangker di dalam tubuh anda. Hal itu karena senyawa tersebut berfungsi sebagai pembunuh sel tubuh yang rusak dan senyawa yang dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsiogenik dan penghambat sel yang tidak sehat.
Hasil penelitian ilmiah di seluruh penjuru dunia sudah membuktikan khasiat bawang putih mentah untuk membunuh dan mengurangi bermacam-macam jenis sel kanker.

2. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
 Makan Bawang Putih Mentah
cek darah
Journal of Postgraduate Medicine telah menerbitkan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi minimal 10 gram bawang putih mentah tiap hari selama 2 bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara signifikan.
Para pakar di Rafsanjan University of Medical Sciences juga menghasilkan penelitian yang menguak bahwa memakan bawang putih mentah dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat. Untuk memperoleh kesimpulan itu, peserta penelitian itu diminta untuk memakan 10gram bawang putih mentah dalam waktu 42 hari.

3. Mencegah Hipertensi dan mengendalikan tekanan darah tinggi
Bawang putih mentah mengandung polisulfida yang terbukti dapat mengendalikan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Berdasarkan jurnal ilmiah Maturitas, polisulfida akan melegakan dan menyebabkan pembuluh darah terbuka agar tidak mendapat tekanan darah yang terlalu besar. Makanya makan bawang putih selama tiga bulan dapat menurunkan tekanan darah sampai 10mmHg.

4. Mencegah penyakit jantung
 Makan Bawang Putih Mentah
Dari sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam The Journal of Nutrition, diungkapkan bawang putih mentah dapat membantu anda mengurangi menumpuknya plak di dalam arteri coroner. Arteri coroner merupakan pembuluh darah yang memompa darah ke dalam jantung.
Khasiat makan bawang putih mentah juga mencegah pembentukan dan menumpuknya plak dalam arteri coroner. Hal itu sangatlah bermanfaat untuk anda yang mempunyai bermacam jenis gangguan pada jantung dan system metabolisme tubuh anda.

5. Membantu Meredakan infeksi, radang, dan pilek
Berbagai macam jenis penyakit yang secara umum kita ketahui ternyata dapat mereda dengan bantuan bawang putih mentah yang mengandung banyak zat allicin. Senyawa aktif allicin yang terkandung dalam bawang putih mentah memiliki fungsi antivirus, akti mikroba dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme yang dapat menyebabkan gangguan tubuh dan penyakit.
Studi yang disebutkan dalam jurnal Advances in Therapy menyebutkan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah pada musim flu berkembang dapat menambah daya tahan tubuh sekaligus mencegah tubuh terpapar virus flu.

6. Mengatasi Kerontokan Rambut
 Makan Bawang Putih MentahSiapa yang menyangka memakan bawang putih mentah dapat membantu mengatasi masalah kerontokan rambut yang sangat mengganggu? Kebotakan atau alopecia ternyata disebabkan oleh penyakit auto immune. Bawang putih bisa menambah kekuatan atau membantu mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala kita. Anda dapat mengoleskan jel bawang putih di kulit kepala untuk mencegah atau mengobati kebotakan.

7. Menjaga kesehatan otak
Berbagai penyakit yang melanda otak seperti Alzheimer dan dementia ternyata bisa dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih mentah. Penelitian para ahli membuktikan bahwa S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terkandung didalam bawang putih mentah dapat menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Zat-zat tersebut bertugas untuk mencegah menumpuknya plak dan zat berbahaya pada system syaraf pusat.


Tips menghindari bau mulut ketika mengkonsumsi bawang putih mentah

 Makan Bawang Putih Mentah
Berbagai khasiat bawang putih mentah yang sudah diulas diatas amat sayang untuk dilewatkan. Namun, memakan bawang putih mentah dapat menyebabkan mulut anda berbau tidak sedap. Untuk meminimalisir bau mulut akibat mengkonsumsi bawang putih mentah, anda dapat mengikuti tips dibawah ini :
  • Cuci bersih bawang putih mentah dengan air dingin yang mengalir
  • Makan bawang putih mentah bersama daun seledri atau kemangi agar aroma tidak terlalu tajam
  • Minum susu rendah lemak atau yogurt tanpa rasa setelah memakan bawang mentah
  • Sikat gigi dan berkumur dengan cairan pembersih mulut sampai bersih setelah mengkonsumsi bawang putih mentah


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »